Categories: TEKNO

Vendor Belum Semua Bisa Daftar IMEI ke CEIR Cegah Ponsel BM !

Jakarta, Jatih.Com — Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) membenarkan mesin Centralized Equipment Identity Register (CEIR) yang dikelola Kominfo sudah bisa kembali menampung data International Mobile Equipment Identity (IMEI) dari ponsel baru.

Ketua APSI Hasan Aula mengatakan sistem untuk memblokir ponsel BM atau ilegal itu sudah dimulai sejak awal pekan ini.

“Senin (12/10) kemarin sudah bisa kok di upload IMEI-nya,” ujar Hasan kepada CNNIndonesia.com, Kamis (15/10).

Baca juga : Waspada Beli iPhone 12 di Singapura, bisa jadi HP BM di Indonesia !

Hasan sebelumnya menyampaikan CEIR sangat penting bagi industri ponsel. Sebab, mesin itu dapat membedakan ponsel legal dengan ponsel ilegal atau BM (black market).

Berbeda dengan APSI, vendor ponsel Oppo mengaku belum dapat mengunggah IMEI ke CEIR hingga Rabu (14/10). Publik manajer Oppo, Aryo Meidianto mengaku pihaknya sampai berhenti produksi akibat hal itu.

“Sampai hari Rabu kemarin memang belum bisa, kami belum produksi sama sekali. Mungkin hari ini saya coba koordinasi kembali ke pabrik, apakah sudah ada titik terang atau belum,” ujar Aryo kepada CNNIndonesia.com.

Aryo juga mengaku belum dapat memastikan kapan produksi ponsol Oppo kembali dilanjutkan. Selain itu, dia berkata belum dapat meaastikan apakah ponsel yang telah diproduksi nantinya akan mendapat sinyal.

Baca juga : Pada iPhone 12, 5G Lebih Penting dari Layar 120Hz

“Setelah produksi mungkin baru bisa tau apakah perangkat akan mendapatkan sinyal atau tidak,” ujarnya.

Halaman: 1 2