Categories: AKTUALINFORMASI

Berikut Cara Dapatkan Kuota Gratis 50 GB Dari Telkomsel yang Bisa untuk Youtube hingga Instagram

Jatih.com_Program Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menjalankan atau menyalurkan bantuan kuota internet gratis untuk guru, dosen, mahasiswa dan pelajar di seluruh Indonesia untuk bulan ini.

Dimana saat Menteri Pendidikan Nadiem Makarim saat peluncurannya kebijakan tersebut pada hari Jumat (25/9) juga mengingatkan bahwa bantuan internet itu bukan untuk digunakan dalam bermain game dan menonton video konten, melainkan untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi virus corona, yakni menunjang aktivitas mengajar guru dan belajar siswa tingkat PAUD hingga mahasiswa.

Besaran dari kuota internet gratis tersebut berbeda-beda untuk setiap jenjang pendidikan, yaitu 20GB per bulan untuk tingkat PAUD, 35GB untuk pelajar SD-SMA dan 42GB untuk pengajar PAUD-SMA. Sementara itu untuk mahasiswa dan dosen, kuota internet yang diberikan sebesar 50GB.

Dari masing-masing kuota yang diberikan oleh pemerintah terdiri dari dua jenis, yaitu kuota umum dan kuota belajar. Untuk para mahasiswa, kuota umum yang akan diberikan sebesar 5GB sementara kuota belajar 45GB.

Media dimana sudah mencoba menggunakan bantuan kuota internet untuk mahasiswa dengan nomor dari operator seluler Telkomsel. Kuota yang akan masuk terdiri dari 5GB kuota umum dan 45GB kuota multimedia. Pada informasi kuota tidak disebutkan jenis-jenis situs dan aplikasi yang dapat mereka akses.

Sedangkan untuk kuota multimedia atau kuota belajar, akan dipakai ketika pengguna membuka aplikasi maupun situs yang sudah ditentukan pemerintah.

Simak Juga

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud untuk bantuan kuota internet untuk pelajar, aplikasi yang menggunakan kuota belajar antara lain Bahaso, Google Classroom, Edmodo, Ruangguru, Zenius dan pesan instan WhatsApp.

Bukan hanya itu saja, kuota belajar juga bisa digunakan para penerima untuk membuka aplikasi konferensi video yaitu Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, U Meet Me dan Cisco Webex

Beberapa situs yang dapat diakses menggunakan kuota belajar gratis adalah laman resmi Kemendikbud, kampus dan situs belajar Kelas Pintar.

Situs yang tidak termasuk dalam kuota belajar, tetap bisa dibuka menggunakan kuota umum, sebesar 5GB yang diberikan.

Halaman: 1 2