in ,

Ramai “Google Terus Berhenti” di Smartphone Android, Ini 2 Cara Mengatasinya

Jatih.com –  Baru – baru ini marak “Google terus berhenti” muncul di HP Android. Hal tersebut disebabkan karena adanya crash, begini cara mengatasi crash Google terus berhenti.

Hal tersebut terjadi pada selasa (22/6/2021) dimana para pengguna mendapati ponselnya terus menerus menampilkan pop-up notifikasi error berbunyi “Google terus berhenti” atau “Google Keeps Stopping” dalam setelan Bahasa Inggris.

Adanya crash pada aplikasi pencarian Google di HP Android.Mengutip dari 9to5Google, eror atau crash tersebut terjadi setelah melakukan update aplikasi Google ke versi 12.23.16.23. Sejumlah pengguna yang telah melakukan update ke versi tersebut kerap kali menemukan pesan eror “Google terus berhenti” secara terus menerus.

Berdasarkan pantauan jatih.com di Twitter, kata kunci “Google” masih memuncaki trending topic Twitter di Indonesia hingga pukul 14:05 WIB.

Google melalui akun Twitter perusahaan, telah membenarkan bahwa layanannya memang sedang mengalami gangguan, tetapi penyebabnya belum diterangkan. Google menyarankan soft reboot dengan menahan tombol power 30 detik.

“Hi Maciej, maaf Anda mengalami masalah dengan perangkat. Penting bagi kami untuk menyelesaikan masalah ini,” kicau @madebygoogle menanggapi keluhan seorang pengguna Android.

Jika kalian mengalami hal demikian tak perlu khawatir, hal tersebut terjadi karena bukan karena HP Android yang kalian miliki rusak, ini murni memang kesalahan dari aplikasi tersebut.Untuk mengatasi eror atau permasalahan tersebut, kalian bisa mengikuti 2 langkah berikut ini.

1. Cara Mudah mengatasi Google terus berhenti dan Google keeps stopping di Android

Untuk memperbaiki masalah “Google terus berhenti”, pengguna Android di Indonesia menyarankan agar menghapus pembaruan dari aplikasi Google. Cara ini disebut ampuh menghentikan pop-up itu sehingga tak lagi muncul.

“Aku dapat cara ini dari orang dan berhasil,” aku pengguna Twitter dengan handle @kayliliput yang memiliki perangkat Xiaomi Redmi 9A.

Langkah-langkahnya:

  1. Buka menu setting ponsel kemudian buka bagian pengelolaan aplikasi.
  2. Cari dan buka aplikasi Google dari daftar yang muncul.
  3. Lalu, klik menu berlambang tiga titik di pojok kanan atas dan pilih “Hapus instalan pembaruan”.
  4. Klik “Ok” di prompt yang muncul.

Berdasarkan pengalaman Admin dengan perangkat yang mengalami masalah serupa, cara di atas efektif menghentikan pop-up “Google terus berhenti”. Namun, ini mungkin hanya solusi sementara.

Perbaikan sepenuhnya boleh jadi harus menunggu Google menyalurkan update lain untuk menambal bug, seperti dalam kasus error Android WebView beberapa waktu lalu.

2. Cara mengatasi crash atau eror “Google terus berhenti”:

  1. Buka menu pengaturan di HP Android Anda
  2. Arahkan ke menu Apps & notifications
  3. Ketuk See all apps untuk melihat daftar aplikasi
  4. Temukan dan ketuk Google dari daftar aplikasi yang muncul, Anda juga bisa menggunakan kolom pencarian untuk lebih mudah mencarinya.
  5. Ketuk lalu pilih Clear All Data
  6. Terakhir ketuk OK untuk konfirmasi

Perlu diketahui, menu pengaturan di sebagian HP Android mungkin berbeda-beda. Yang perlu kalian lakukan sebenarnya hanya menghapus data dan cache pada aplikasi Google.

Adapun cara lainnya yakni dengan melakukan restart HP Android Anda atau melakukan update aplikasi Google ke versi 12.24 beta.

Apabila Anda ingin melakukan update aplikasi Google ke versi beta, bisa kunjungi link berikut ini.

Demikianlah informasi singkat dari Admin tentang ” Cara Mengatasi Google Terus Berhenti “. Semoga bermanfaat.

Terbaru! Link Download Mola TV Mod Apk Premium Full Update 2021

Kabar Gembira! Pendaftaran BLT UMKM atau BPUM via Bank BRI & BNI Masih Dibuka sampai 28 Juni: Cek Persyaratan & Penerima di Sini