Categories: AKTUALINFORMASI

Kapal Eksplorasi Oruc Reis Milik Turki Memicu Ketegangan Yunani !

Jakarta, Jatih.Com – Di tengah perselisihan klaim hak energi dengan Yunani, Turki kembali mengerahkan kapal eksplorasi Oruc Reis, ke laut Mediterania. Dan kemungkinan Langkah ini akan kembali memicu ketegangan.

Dilansir dari AFP, dalam pesan yang dikirim ke sistem peringatan maritim NAVTEX disebutkan Angkatan Laut Turki mengatakan Oruc Reis akan melakukan aktivitas di wilayah tersebut, termasuk di selatan pulau Kastellorizo, Yunani mulai Senin (12/10) hingga (22/10).

Menurut pesan NAVTEX, kapal itu akan bergabung dalam misi “survei seismik” terbaru oleh dua kapal lain yang disebut Ataman dan Cengiz Han.

Bulan lalu, Oruc Reis ditarik kembali ke pantai dari perairan Mediterania timur. Banyak pihak mengharapkan Ankara dan Athena dapat menyelesaikan ketegangan melalui pembicaraan.

Baca juga : Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Menitikkan Air Mata Saat Minta Maaf ke Rakyat !

Saat itu, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan penarikan itu untuk memberi kesempatan pada diplomasi.

Tapi para pejabat Turki juga bersikeras bahwa kapal itu hanya menjalani perawatan rutin dan akan kembali ke Mediterania timur untuk melanjutkan pekerjaannya.

Namun harapan semakin meningkat setelah Turki dan Yunani sepakat melakukan pembicaraan eksplorasi pada bulan lalu usai Jerman turut melakukan upaya diplomatik guna meredakan krisis.

Pembicaraan tersebut telah terhenti sejak 2016 dan diperkirakan akan dilanjutkan di Istanbul, tapi tidak ada tanggal pasti yang diberikan.

Pekan lalu, para menteri luar negeri Turki dan Yunani telah bertemu di sela-sela forum keamanan di ibu kota Slovakia, Bratislava, dalam pembicaraan tingkat tinggi sejak ketegangan dimulai.

Halaman: 1 2

Terbaru