in ,

Hasil Pilpres AS akan Mempengaruhi Kebijakan Korut Uji Coba Rudal Antarbenua !

uji coba rudak
Jakarta, Jatih.Com – Hasil pemilihan presiden Amerika Serikat akan sangat mempengaruhi kebijakan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) dan senjata baru lainnya akan dilakukan oleh pemerintah Korea Utara, Ujar Mantan Menteri Unifikasi Korea, Kim Yeon-chul. Kim mengatakan

Jakarta, Jatih.Com – Hasil pemilihan presiden Amerika Serikat akan sangat mempengaruhi kebijakan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) dan senjata baru lainnya akan dilakukan oleh pemerintah Korea Utara, Ujar Mantan Menteri Unifikasi Korea, Kim Yeon-chul.

Kim mengatakan untuk mengerahkan senjata yang baru dipamerkan dalam parade militer, Pyongyang perlu menguji coba terlebih dahulu.

“Mereka kemungkinan akan melihat ke dalam berbagai keadaan (sebelum menguji senjata), dan yang paling penting bagi mereka adalah hasil pemilihan presiden AS,” kata Kim pada Senin (12/10) seperti dilansir kantor berita Yonhap.

Hasil pemilu AS menurutnya akan memengaruhi kelanjutan kesepakatan denuklirisasi. Jika Joe Biden memenangkan pilpres, kemungkinan ia akan menerapkan kebijakan ‘kesabaran strategis’ seperti mantan Presiden Barack Obama.

Ia juga mengatakan jika AS dan Korut bisa kembali melanjutkan kesepakatan denuklirisasi yang sempat menemui jalan buntu usai pertemuan antara Kim Jong-un dan Donald Trump di Hanoi pada Februari 2019.

Baca juga : Kapal Eksplorasi Oruc Reis Milik Turki Memicu Ketegangan Yunani !

Untuk itu, ia mengatakan perlu ‘menjaga periode transisi’ secara stabil saat pemilu AS pada November hingga kongres Partai Buruh Korut pada Januari 2021 nanti.

Korea Utara pada Sabtu (10/10) pagi mengadakan pawai militer besar-besaran yang memamerkan rudal antarbenua (ICBM) serta sejumlah senjata generasi terbaru dan tercanggih mereka. Pawai tersebut diadakan bersamaan dengan peringatan 75 tahun Partai Buruh berkuasa.

Rudal ICBM yang baru dipamerkan lebih besar dari versi sebelumnya dan diyakini bisa menyerang bagian mana pun di Amerika Serikat. Selain rudal, Korut juga pamer kapal selam (SLBM) baru.

Menurut seorang profesor studi Korea di Tufts University di Amerika Serikat, Sung-yoon Lee, peringatan hari jadi Partai Buruh juga diartikan bahwa Korea Utara memiliki kebutuhan politik dan strategis untuk melakukan sesuatu yang lebih besar.

Halaman: 1 2

kapal turki

Kapal Eksplorasi Oruc Reis Milik Turki Memicu Ketegangan Yunani !

spionase china

Jaringan Mata-mata Taiwan di Tangkap Aparat Intelejen China !