in

Contoh Cara Menulis Email Resmi

Contoh Cara Menulis Email Resmi
Contoh Cara Menulis Email Resmi

JATIH.COMContoh Cara Menulis Email Resmi. Pada artikel ini kami akan membahas tentang cara menulis email resmi beserta contohnya. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa email merupakan salah satu alat komunikasi. Dengan email kita bisa berkomunikasi dengan orang lain secara personal untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan bisnis.

Contoh Cara Menulis Email Resmi

Menulis email untuk keperluan pribadi mungkin tidak ada aturan yang baku. Kita bisa menulis email dengan gaya bahasa yang santai namun tetap mengedepankan adab dalam penulisannya. Akan tetapi, dalam menulis email untuk keperluan bisnis, ada beberapa aturan yang perlu kita indahkan. Karena email untuk bisnis termasuk dalam email formal atau resmi yang mewakili instansi atau lembaga tertentu. Sehingga penulisan email resmi atau formal bisa mencerminkan profesionalitas dari suatu instansi atau lembaga.

Saking pentingnya hal tersebut maka pada halaman ini kami akan coba berbagi kepada Anda tentang cara menulis email resmi. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan contoh email resmi yang bisa Anda pelajari. Sehingga harapan kami ke depan Anda tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam menulis email resmi untuk keperluan bisnis.

Cara Menulis Email Resmi Beserta Contohnya

Menggunakan Nama dan Alamat Email Profesional

Sedangkan untuk nama email profesional lebih baik menuliskan nama lengkap Anda seperti Muhammad Sholeh, atau nama depan/nama belakang dari perusahaan Anda. Contohnya Sholeh dari Emailkerja.id.

Untuk membuat alamat email profesional ini caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menyewa domain dengan ekstensi apapun, lalu untuk emailnya Anda bisa menggunakan layanan Emailkerja.id.

Tujuannya agar Anda bisa mengirim dan menerima email dengan alamat email Anda sendiri. Jadi kalau saat ini Anda belum punya alamat email profesional, segera saja mendaftar di Emailkerja.id.

Menulis Subject Email Yang Ringkas, Jelas dan Mewakili Isi Email Anda

Menggunakan alamat email profesional dalam menulis email resmi sudah. Berikutnya adalah menulis subject email yang ringkas, jelas dan mewakili isi email Anda.

Misalkan Anda ingin mengirimkan proposal penawaran tentang pengadaan CCTV yang murah dan berkualitas. Untuk contoh subject emailnya Anda bisa menulis “Proposal Penawaran CCTV” atau mungkin “CCTV Untuk Keamanan Rumah Anda”.

Mengenali Siapa Penerima Email Anda

Setelah menulis subject email, dalam menulis email resmi berikutnya adalah mengenali siapa penerima email Anda. Dengan mengenali siapa penerima email kita maka akan lebih mudah dalam menulis kalimat pertama dalam email resmi.

Secara umum ada 2 kategori penerima email, diantaranya :

Halaman: 1 2 3

Cara Bayar Kartu Kredit BCA

Cara Bayar Kartu Kredit BCA

Cara Membuat CCTV dari Kamera HP Android Secara Sederhana

Cara Membuat CCTV dari Kamera HP Android Secara Sederhana