in

Cara Membuat CCTV dari Kamera HP Android Secara Sederhana

Cara Membuat CCTV dari Kamera HP Android Secara Sederhana
Cara Membuat CCTV dari Kamera HP Android Secara Sederhana

JATIH.COM – Cara Membuat CCTV dari Kamera HP Android Secara Sederhana. Berikut ini adalah Cara membuat CCTV dari kamera HP Android bisa membantu Anda untuk memasang Closed Circuit Television (CCTV) tanpa perlu keluar budget cukup banyak. Cara membuat CCTV sederhana ini bisa Anda aplikasikan di rumah maupun di perkantoran.

Cara Membuat CCTV dari Kamera HP Android Secara Sederhana

Pada umumnya kamera yang ada pada smartphone Android atau pun iPhone memiliki fungsi untuk memotret atau bisa juga digunakan untuk merekam suatu peristiwa, namun kamera smartphone ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai kamera CCTV.

Kamera CCTV ini dipasang di rumah ataupun perkantoran, tujuannya untuk memantau kondisi di dalam maupun sekeliling rumah. Nah, apabila dibandingkan kamera CCTV konvensional, smartphone memiliki kelebihan dari segi fleksibilitas. Selain juga tentu saja harganya yang lebih murah dan terjangkau.

Artinya, kamera CCTV yang dibuat dari kamera HP Android bisa diletakkan di mana saja di seluruh penjuru ruangan yang ada di rumah maupun kantor. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat CCTV dari kamera HP Android atau iPhone?

Persiapan Sebelum Membuat CCTV dari Kamera HP Android

Dirangkum HR Online dari GadgetsNow, Selasa (27/8/2019), berikut adalah hal-hal yang harus Anda siapkan sebelum membuat CCTV dari kamera HP Andoroid atau iPhone:

Pertama, Anda harus menyiapkan dua buah smartphone, bisa HP Android ataupun iPhone. Kedua HP Android yang Anda siapkan nantinya berfungsi sebagai Kamera CCTV dan perangkat satunya berfungsi sebagai monitor kamera.

Kedua, adapter charger atau power bank harus Anda siapkan untuk mengisi daya smartphone. Jika Anda memilih menggunakan charger, maka letakkan ponsel pertama yang berfungsi sebagai kamera CCTV di dekat sumber listrik.

Ketiga, Anda harus membuat akun Google baru atau Anda juga bisa menggunakan akun yang tidak dipakai. Penggunaan akun Google yang baru atau tidak dipakai sebagai antisipasi adanya masalah privasi atau keamanan. Kedua masalah itu mungkin saja bisa terjadi saat Anda menggunakan aplikasi kamera CCTV dari HP Android.

Keempat, buka PlayStore dan unduh aplikasi Alfred Home Camera Security untuk HP Android, jika Anda menggunakan iOS/iPhone maka bisa mengunduhnya lewat AppStore.

Aplikasi Alfred Home Camera Security ini harus dipasang pada dua ponsel yang sudah Anda siapkan. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti cara membuat CCTV sederhana dari kamera HP Android ataupun iPhone berikut ini.

Cara Membuat CCTV dari Kamera HP Android

Cara membuat CCTV dari Kamera HP Android maupun iPhone, yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Alfred Home Camera Security pada ponsel pertama, lalu login menggunakan akun Google yang baru atau yang tidak dipakai yang sudah Anda siapkan. Setelah itu, pilih ikon ‘camera’ pada halaman ‘I use this device as a’ lalu klik tombol ‘Get Started’.

Setelah langkah itu Anda lakukan, ponsel pertama akan menampilkan gambar yang dibidik oleh kamera. Selanjutnya, ponsel ini bisa Anda letakkan di mana saja di penjuru rumah yang akan Anda pantau.

Hal yang harus diingat, Ponsel pertama ini harus terus terhubung dengan jaringan internet atau WiFi, maksudnya agar status kamera CCTV tetap ‘Live’.

Cara memantau smartphone CCTV yang sudah Anda pasang tersebut, selanjutnya Anda bisa streaming apa yang ponsel pertama bidik melalui ponsel B.

Caranya pun cukup mudah, buka Alfred Home Security Camera di ponsel kedua, lalu masuk ke akun Google yang dipakai di ponsel pertama. Selanjutnya, pilihlah ikon ‘Viewer’ lalu klik tombol ‘Get started’.

Setelah terhubung dengan ponsel pertama, maka layar ponsel kedua Anda akan menampilkan apa yang dibidik oleh ponsel pertama tadi.

Uniknya, Anda juga bisa mengontrol secara jarak jauh ponsel pertama yang berfungsi sebagai kamera CCTV.

Misalnya, melalui ponsel kedua, Anda bisa mengubah mode pemantauan (landscape/portrait), mengganti mode kamera depan maupun belakang, menyalakan lampu LED flash, Anda juga bisa mengaktifkan modus malam.

Kelebihan lain dari cara membuat CCTV sendiri di rumah ini, Anda tidak harus selalu mengandalkan ponsel kedua untuk mengontrol kamera CCTV yang ada pada kamera HP Android pertama. Dalam hal ini Anda bisa memantaunya lewat website Alfred Home Security Camera lewat akun Google yang Anda gunakan.

Cara Membuat CCTV dari HP Bekas

Cara membuat CCTV di atas tidak selalu membutuhkan HP Android yang baru lho. Karena Anda pun bisa memanfaatkan smartphoe Android lama alias HP bekas. Syaratnya, kamera belakangnya 5 MP atau lebih baik lagi jika 8 MP.

Seperti dilansir HR Online dari Techviral, Selasa (27/8/2019), berikut cara membuat CCTV dari HP Bekas:

Pertama, cara membuat CCTV sederhana ini cukup mudah untuk diaplikasikan, terlebih dahulu Anda bisa mengunduh aplikasi IP Webcam dari PlayStore.

Kedua, setelah Anda install aplikasi IP Webcam, Anda bisa melakukan streaming video dari kamera smartphone. Aplikasinya ada yang gratis, namun jika ingin mendapatkan fitur lebih banyak bisa upgrade ke aplikasi IP Webcam berbayar.

Ketiga, setelah terinstal, buka aplikasi, atur preferensi video, efek dan aspek lainnya dari video yang ingin Anda tampilkan. Jangan lupa lakukan pendaftaran dan login terlebih dahulu, sehingga Anda bisa mengawasi kamera CCTV dari smartphone Anda di mana saja dan kapan saja.

Keempat, setelah aplikasi siap digunakan, klik tombol ‘Start Server’ untuk memulainya. Ketika Anda ingin melihatnya via browser, maka ada beberapa informasi yang harus Anda isi seperti alamat IP untuk melakukan streaming.

Kelima, Anda tinggal letakkan HP smartphone bekas Anda di tempat strategis. Jika Anda menggunakan HP Android sebagai kamera CCTV maka baterainya akan cepat habis, untuk mengantisipasinya Anda bisa menchargernya setiap saat digunakan.

Bagaimana cara memantaunya? Anda bisa membuka website ivideon dan melakukan pendaftaran lalu login untuk melihat tampilan CCTV dari kamera HP Android. Atau bisa juga download aplikasi ivideon di Play Store. Pastikan juga HP Android yang Anda gunakan sebagai kamera CCTV terkoneksi internet atau WiFI terus menerus.

sumber: harapan rakyat.com

Itulah Cara Membuat CCTV dari Kamera HP Android Secara Sederhana, bisa dengan cara membuat CCTV dengan HP Android, bisa juga dengan cara membuat CCTV dengan HP bekas.

Contoh Cara Menulis Email Resmi

Contoh Cara Menulis Email Resmi

Cara Mudah Cek VGA Laptop