in ,

Apa Perbedaan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) di Omnibus Law ?

lpi
Apa Perbedaan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) di Omnibus Law ?

Jakarta, Jatih.Com  — Sekilas jika kita melihat akronim dari dua lembaga tersebut, memiliki tugas dan fungsi yang sama. Dimanakah letak Perbedaan dari dua lembaga ini, khususnya dalam Omnibus Law ?.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan kewenangan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) yang dibentuk melalui Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) tak akan tumpang tindih dengan lembaganya.

Sebab, kata Bahlil, lembaga tersebut hanya mengelola dana dari investor yang akan ditempatkan di Indonesia. Salah satu contohnya adalah untuk keperluan proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Baca juga : Usai Deface Situs DPR jadi DEWAN PENGHIANAT RAKYAT, Kondisi Situs DPR kembali Normal !

“Mereka mengelola dana di mana investor akan melakukan investasi. Nanti mereka akan daftar di BKPM. BKPM akan mengelola izin-izinnya. Semua akan ada di BKPM dan kewenangan di BKPM tidak terambil sedikit pun,” ujar Bahlil dalam konferensi pers virtual terkait UU Ciptaker Kamis (8/10).

 Nantinya, lanjut Bahlil, LPI juga lah yang akan mengatur  ke mana dana investasi tersebut akan diarahkan.

“Kalau dia dari luar negeri dananya kami akan catat sebagai PMA. Kalau dari dalam negeri kami catat sebagai PMDN,” jelasnya.

Termasuk, kerja sama antara perusahaan-perusahaan yang akan mengeksekusi dana tersebut ke dalam sebuah proyek.

“Katakanlah dia nanti proyeknya apa, untuk energi misalnya. Nanti mereka juga akan buat perusahaan. Mereka daftarkan di BKPM. Lalu BKPM akan memproses legalitasnya,” terang Bahlil.

Baca juga : Tanggapan Resmi Pemerintah Sikapi Demo Ricuh Tolak Omnibus Law !

Halaman: 1 2

walikota surabaya

Risma Marah Besar Depan Demonstran : Tega Sekali Kamu Hancurin Kota Saya !

Poco X3 Harga Di indonesia

Poco X3 Harga Di indonesia