in

Apa itu Paragraf Induktif dan Paragraf Deduktif?

Apa itu Paragraf Induktif dan Paragraf Deduktif?
Apa itu Paragraf Induktif dan Paragraf Deduktif?

JATIH.COM– Kamu sudah tau tentang Apa itu Paragraf Induktif dan Paragraf Deduktif?. Kita akan membahasnya.

Apa itu Paragraf Induktif dan Paragraf Deduktif?

Paragraf adalah sebuah susunan dari beberapa kalimat dan mengandung sebuah gagasan. Nah, biasanya penempatan gagasan pada sebuah paragraf bisa dibagi menjadi 3 cara, deduktif, induktif dan campuran. Apa sih perbedaannya? Apakah ada ciri-ciri khususnya? Nih kita bahas satu-persatu.

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang menempatkan gagasannya pada awal paragraf. Biasanya paragraf deduktif terdiri dari sebuah pernyataan umum yang disambung dengan penjelasan-penjelasan. Dalam artian membahas sesuatu yang umum baru kemudian menjadi khusus.

Contohnya adalah paragraf di atas, itu adalah sebuah paragraf deduktif, yang menjelaskan secara umum pada awal kalimatnya apakah paragraf deduktif itu, kemudian diikuti oleh penjelasan-penjelasan bagaimana bentuk paragraf deduktif tersebut.

Jika paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang memunculkan gagasannya di awal, hal ini tidak terjadi pada paragraf induktif. Penjelasan adalah hal yang dimunculkan terlebih dahulu, jika kita lihat polanya maka apa yang dilakukan paragraf induktif adalah melakukan penjelasan secara khusus sebelum menarik kesimpulan umum. Nah jadi bisa disimpulkan bahwa, paragraf induktif adalah paragraf yang meletakkan gagasannya di akhir kalimat, dan memiliki bentuk penjelasan dari khusus ke umum, kebalikan dari paragraf deduktif.

Yak benar, paragraf penjelasan di atas juga dibikin secara induktif, tetapi terkadang membuat paragraf induktif itu susah-susah gampang, karena kita harus membuat alur penjelasan yang dapat menggiring orang ke kesimpulan akhir yang kita tuju.

Nah, kalian sudah faham kan semua tentang Apa itu Paragraf Induktif dan Paragraf Deduktif?. Pada pembahasan berikutnya kita akan bahas contoh-contohnya.

demo omnibus law

Sejumlah 5.918 Massa Demo Omnibus Law di tangkap Polisi, 87 Orang diantaranya langsung Dibui !

Contoh Paragraf Deduktif Dan Induktif

Contoh Paragraf Deduktif Dan Induktif Berbagai Keperluan